Sabtu, 07 Januari 2012

KA Bangunkarta

Bangunkarta

Bangunkarta adalah kereta api yang kami operasikan untuk melayani pelanggan kereta kelas Eksekutif untuk relasi Jakarta - Jombang melalui jalur utara. Dioperasikan pertama kali pada bulan Januari 1985 melayani pemerjalan ekonomi dari Jombang ke Jakarta.

Dahulu sebelum KA Bangunkarta menjadi Kelas Bisnis, Nama KA Bangunkarta adalah KA Tebuireng dinamakan KA Tebuireng dikarenakan dahulu banyak santri ponpes Tebuireng yang mondok di daerah Jombang dan KA Ekonomi itu 75% penumpangnya adalah Santri PonPes Tebu Ireng KA Tebuireng atau yang lebih dikenal dengan Bangunkarta sering membawa 3 gerbong Ekonomi untuk selanjutnya ditambah 4 gerbong. Pada tanggal 24 Desember 1994 layanan KA Bangunkarta ditingkatkan dengan menambah rangkaian kereta kelas bisnis, dan sejak tanggal 1 Agustus 1996 semua rangkaian berubah layanannya menjadi kelas bisnis.
Penambahan layanan kelas eksekutif dilakukan sejak tanggal 1 Februari 1999 dan pada tanggal 1 Juli 2001 KA Bangunkarta melayani perjalan eksekutif dan bisnis dengan membawa rangkaian 2 kereta kelas eksekutif dan 8 kereta kelas bisnis. Pada mulanya Kereta api ini melewati jalur selatan (Yogyakarta dan Purwokerto), kemudian diubah sehingga melewati jalur utara (Semarang). Perjalanan sejauh 738 km ditempuh dalam waktu kurang lebih 13 jam dan hanya berhenti di Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Madiun, Nganjuk dan Kertosono.


Nama Bangunkarta diambil dari singkatan nama kota asal dan tujuan kereta api yaitu jomBANG melalui madiUN dan jaKARTA (BANGUNKARTA), Sebelumnya Bangunkarta melayani relasi Jombang-Pasar Senen, kemudian rutenya di teruskan sampai Jakarta Kota namun tidak melewati Gambir. Ditawarkan layanan kelas eksekutif dan bisnis dengan kapasitas mencapai 616 tempat duduk.
Sejak 5 Desember 2009, Bangunkarta diubah seluruhnya menjadi kelas eksekutif dengan menggunakan rangkaian delapan K1 (kereta kelas eksekuti) dengan kapasitas 400 tempat duduk. Kami siap melayani perjalanan pelanggan Jombang – Pasarsenen dengan fasilitas-fasilitas yang kami sediakan untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan.
Fasilitas & Spesifikasi Teknis Kereta
ITEM KETERANGAN
Interior Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamata kenyamanan, dilengkapi dengan peredam suara & Isolasi panas tidak mudah terbakar
Tempat duduk - Kapasitas 50 tempat duduk perkereta
- Reclining & revolving seat system
- Dilengkapi meja statis & sandaran kaki
- Desain ergonomis
Pintu ruangan Sistem geser otomatis
Jendela Kaca tetap dupleks lapisan laminasi isolator panas dilengkapi dengan tirai
Penyegar Udara 2 set Air Conditioner (AC) per kereta Temperatur 21 - 26 C
Jenis bogle K5/TB.398 dan K8/NT.60 dengan sistem suspensi ganda: rubber pad dan coil spring serta bolster anchor dan vertical shock absorber
Fasilitas keselamatan Tabung pemadam kebakaran, emergency brake
Fasilitas lainnya Toilet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar