Sabtu, 07 Januari 2012

KA Bima

KA Bima pertama kali diluncurkan pada bulan Maret 1967 merupakan awal dari sejarah pengoperasian kereta api dengan fasilitas pengatur suhu ruangan (air conditioner) di Indonesia. Melayani perjalanan koridor Jakarta-Surabaya dan berjalan menembus birunya malam yang menjadi dasar dari penamaan BIMA (Biru Malam).

Selain itu kata bima dianalogikan dengan nama salah satu tokoh pewayangan Bima yang memang digambarkan memiliki karakter tubuh tinggi besar, kokoh, kekar, kuat dan pemberani. Sejumlah karakter itu sengaja dilekatkan pada KA Bima untuk menggambarkan keandalan perjalanan dan kualitas pelayanannya yang selalu siap dalam berbagai cuaca.
Diawali pengoperasiannya, KA Bima dilengkapi dengan tempat tidur dan eksterior kereta yang sengaja dicat dengan warna biru. Namun sesuai dengan keinginan dari pelanggan, sejak tanggal 9 Juni 1990 KA Bima mengalami perubahan interior menjadi kereta kelas eksekutif dengan tetap dilengkapi fasilitas pendingin ruangan (AC).
Perjalanan Gambir-Surabaya Gubeng (825 km) melalui lintas selatan ditempuh dalam waktu kurang lebih 13 jam dan berhenti di Stasiun Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Kertosono dan Jombang. Selain itu banyak penumpang KA Bima yang melanjutkan ke Denpasar dengan menggunakan KA Muara Timur.


Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sejak tanggal 1 Agustus 2002 rangkaian KA Bima sengaja diganti dengan rangkaian Kereta Api sekelas Argo dengan kapasitas angkut sebanyak 400 orang (membawa rangkaian delapan kereta kelas eksekutif).
Fasilitas & Spesifikasi Teknis Kereta
ITEM KETERANGAN
Interior Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi dengan peredam suara & isolasi panas tidak mudah terbakar
Tempat duduk
  1. Kapasitas 50 tempat duduk perkereta
  2. Reclining & revolving seat system
  3. Dilengkapi dengan meja statis dan sandaran kaki
  4. Desain ergonomis
Pintu ruangan Sistem geser otomatis
Jendela Kaca tetap dupleks, lapisan laminasi isolator panas dilengkapi dengan tirai
Penyegar Udara 2 set Air Conditioner (AC) per kereta temperatur 21- 26­­­­­o C
Jenis bogle K8/NT60 dengan system suspensi ganda : rubber pad dan coil spring serta bolster anchor dan vertical shock absorber.
Fasilitas keselamatan Tabung pemadam kebakaran, emergency brake
Fasilitas lainnya Audio/Video, lampu baca, toilet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar