Kamis, 05 Januari 2012

KA Argo Muria

Argo Muria

Argo Muria diluncurkan pertama kali pada tanggal 22 Desember 1997. Kereta api ini menawrakan laternatif perjalanan dengan jadwal pemberangkatan pagi hari dari arah Semarang ke Jakarta dan sore hari dari arah sebaliknya.

Diikuti oleh peluncuran KA Argo Muria II pada tanggal 20 Mei 2001 yang menawarkan alternatif perjalanan yang berkebalikan dengan Argo Mulia I yang belakangan ini berganti nama menjadi KA Argo Sindoro.
Argo selain berarti gunung juag merupakan nama dagang layanan kereta api eksekutif. Kata Muria berasal dari nama gunung (Gunung Muria) yang memiliki ketinggian 1.602m di atas permukaan laut (dpl) dan berada di sebelah Utara Kota Kudus (69km dari arah Kota Semarang).
Kawasan gunung ini terkenal dengan berbagai satwa langka seperti : burung plontang, elang muria, rusa dan kera. Demikian juga dengan Sindoro adalah nama gunung dengan ketinggian 3.150m dpl, yang terletak di batas Kabupaten Temanggung sebelah barat dan Wonosobo sebelah timur.
Gunung berupa Sirato ini juga dikenal dengan sebutan Sindoro atau Sendoro, mempunyai beberapa kawah diantaranya Kawah Puncak; Segoro Wedi, Segoro Banjaran, Kawah Utara, Kawah Selatan.


Perjalanan sejauh 445km ditempuh dalam waktu lima jam tiga puluh menit dan hanya berhenti di Stasiun Tegal dan Pekalongan. Layanan kereta api yang memiliki kapasitas 350 tempat duduk ini terdiri dari tujuh rangkaian kereta kelas eksekutif.
Untuk perjalanan yang dilakukan pada siang hari, penumpang dapat menikmati indahnya panorama di pesisir pantai utara khususnya diantara Pekalongan – Semarang
Fasilitas & Spesifikasi Teknis Kereta
ITEM KETERANGAN
Interior Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi dengan peredam suara & isolasi panas tidak mudah terbakar
Tempat duduk
  1. Kapasitas 50 tempat duduk perkereta
  2. Reclining & revolving seat system
  3. Dilengkapi dengan meja statis dan sandaran kaki
  4. Desain ergonomis
Pintu ruangan Sistem geser otomatis
Jendela Kaca tetap dupleks, lapisan laminasi isolator panas dilengkapi dengan tirai
Penyegar Udara 2 set Air Conditioner (AC) per kereta temperatur 21- 26­­­­­o C
Jenis bogle K5/TB.398 bolsterless, dengan system suspensi ganda : rubber pad dan coil spring serta bolster anchor dan vertical shock absorber.
Fasilitas keselamatan Tabung pemadam kebakaran, emergency brake
Fasilitas lainnya Audio/Video, lampu baca, toilet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar